BLOGGER TEMPLATES AND MySpace 1.0 Layouts »

Kamis, 03 Maret 2011

Iceberg in Physics

kalo di pikir-pikir.. mana mungkin kapal segede dan sekuat TITANIC bisa "patah" dan "tenggelam cuma karena menghantam gunung es yang kalo menurut aku gak terlalu besar..Kapal yang begitu besar dan megah itu tenggelam didasar atlantik yang dingin akibat menabrak bongkahan es di Newfounland. tapi ternyata, setelah diteliti memang kelihatannya "iceberg" tersebut  kelihatan tidak terlalu besar di permukaan. akan tetapi, setelah kita lihat ke dalam laut... iceberg tersebut besarnya seperti gambar di bawah ini lho...


Sebenarnya penyebab terjadinya peristiwa itu adalah mengapungnya bongkahan es (Iceberg) di lautan merupakan salah satu fenomena fisika yang berkaitan dengan salah satu sifat yang menarik dari air yaitu anomali air. Sifat pengecualian pada air terjadi pada kisaran suhu 40 C. Anomali air merupakan fenomena ketidakwajaran sifat air yang berkaitan dengan pemuaian.


Peristiwa anomali air erat kaitannya dengan konsep pemuaian. Ternyata air mengalami pemuaian ketika didinginkan mulai 4 0C sama seperti saat air dipanaskan di atas suhu 4 0C. Aneh bukan! Artinya volum air terus bertambah saat didinginkan terus hingga akhirnya mencapai suhu 0 0C. Setelah mencapai suhu 0 0C, pada umumnya air akan mengalami perubahan wujud dari air menjadi es. Air akhirnya akan berwujud es pada suhu minus sehingga sudah jelas air pasti memiliki suhu yang lebih tinggi dari es namun dengan sifat anomalinya ternyata air justru memiliki volum yang lebih kecil.

0 komentar: